• BAGIKAN !! Inilah Amalan Pembuka Pintu Rezeki Kita


    Rezeki merupakan perkara yang sudah ditetapkan oleh Allah bahkan sebelum manusia terlahir ke dunia. Semua manusia sudah diatur rezekinya baik muslim maupun untuk orang kafir. Allah telah berfirman dalam Al-Quran.
    “Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam kitab yang nyata (Al Lauh Al Mahfuz).” [QS. Huud: 6]
    Lihat apa janji Allah, binatang saja diberi rezeki apalagi manusia yang masih bisa berusaha dengan segala cara. Terlebih lagi bagi seorang muslim yang beriman dan bertaqwa. Bahkan Allah akan memberinya jalan keluar dari kesulitan yang tidak disangka-sangka. Sebagaimana telah termaktub dalam Al-Quran dalam surat At-Talaq ayat 2-3.
    “Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan menunjukkan baginya jalan ke luar. Dan memberinya rezki dari arah yang tidak disangka-sangkanya.”
    So, kenapa musti resah akan rezeki. Tapi jika masih seret rezeki, bisa jadi Anda kurang melakukan amalan-amalan ini. Berikut 6 amalan pembuka pintu rezeki:

    1. Berdoa kepada Allah

    Coba instropeksi diri, pernahkah Anda meminta kepada Allah secara khusus untuk diberi rezeki segera? Bisa jadi Anda tidak pernah memohon secara khusus, meskipun Allah akan memberikannya pada waktu yang tidak diketahui.

    Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam saja selalu berdoa memohn rezeki setiap selesai sholat subuh, kenapa kita tidak melakukannya? 
     “Ya Allah, aku memohon kepada Engkau ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amalan yang diterima” [HR. Ahmad]
    2. Perbanyak istighfar dan taubat

    Istighfar membuka pintu rezeki, kenapa kita tidak pernah memperbanyak istighfar?

    Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam mengucapkan istigfar kepada Allah sangat banyak, setiap hari. Sementara beliau adalah manusia yang sudah dijamin surga. 
    “Aku (Nabi Nuh) berkata (pada mereka), “Beristighfarlah kepada Rabb kalian, sungguh Dia Maha Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan kepada kalian hujan yang lebat dari langit. Dan Dia akan memperbanyak harta serta anak-anakmu, juga mengadakan kebun-kebun dan sungai-sungai untukmu.” 
    Secara gamblang, Allah menjelaskan lebih detail mengenai hubungan rezeki dengan istighfar seperti dalam ayat diatas. Didukung dengan hadits nabi yang menyatakan hal yang sama.

    3. Menyambung silaturahmi

    Amalan pembuka pintu rezeki selanjutnya adalah dengan menyambung silaturahmi kepada kerabat. Silaturahmi di sini bukan dalam arti berkunjung kepada teman atau tetangga, tapi saudara. Orang yang masih ada hubungan darahnya dengan kita.

    Membiasakan diri silaturahmi bisa dilakukan sejak dini, bagi kita yang sudah berusia tua dan mempunyai anak mulai sekarang segera perkenalkan anak-anak kita kepada saudaranya. Dijelaskan dalam sebuah hadits shahih bahwa silaturahmi memperpanjang umur dan memperbanyak rezeki.
    “Siapa yang bertaqwa kepada Rabbnya dan menyambung silaturahmi niscaya akan diperpanjang umurnya dan hartanya akan diperbanyak, serta keluarganya akan mencintainya.” [HR Bukhari: 58]
    4. Perbanyak shadaqah

    Shadaqah atau sedekah bisa dilakukan dengan uang maupun makanan, diberikan kepada seorang yang membutuhkan. Hadits riwayat Abu Hurairah menjelaskan bahwa sedekah tidak akan mengurangi harta. Dengan begitu makna yang tersirat adalah memperbanyak harta.

    Dari Asma’ binti Abu Bakar berkata, Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda bahwa:
    “Janganlah engkau menyimpan harta tanpa menyedekahkannya, jika tidak maka Allah akan menahan rezeki untukmu.”
    Allah tidak akan menahan rezeki bagi orang yang gemar bersedekah. Hal itu berarti semakin banyak sedekah maka semakin sering pula Allah memberikan rezeki. Pada zaman rasulullah para sahabat berebut untuk sedekah karena mengetahui keutamaannya. 

    5. Biasakan sholat dhuha

    Sholat dhuha merupakan sholat sunnah yang dilakukan pada waktu dhuha. Waktu dhuha dimulai sekitar 2 jam setelah waktu shubuh, tapi itu bukan patokan. Yang jelas dilakukan sekitar jam 7 hingga jam 11, sebelum dhuhur.

    Dijelaskan dalam sebuah hadits bahwa setiap ruas tulang di badan ini dalam keadaan berhutang sedekah setiap hari, dan hutang itu bisa dibayar dengan sholat dhuha.
    “Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma’ruf adalah sedekah, mencegah yang mungkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat sholat dhuha.” [HR Muslim 1181]
     Memang tidak dijelaskan secara jelas hubungan sholat dhuha dan rezeki. Akan tetapi kita bisa mengambil kesimpulan bahwa sholat dhuha sama dengan sedekah. Sedangkan pada poin sebelumnya telah dijelaskan bahwa sedekah bisa membuka pintu rezeki.

    Demikian beberapa amalan pembuka pintu rezeki yang bisa kita lakukan jika ingin rezeki lancar. Namun, yang perlu diperhatikan bagi kita bahwa beramal ibadah sebaiknya tidak mengharap imbalan dunia semata, akan tetapi akhirat yang diutamakan;.

    Maka kerjakan 6 amalan pembuka rezeki tersebut dengan ikhlas dan mengharap pahala dari Allah. Jika allah memberikan rezekinya di dunia maka bersyukurlah.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Tinggalkan Komentar Anda Pada Formulir dibawah ini !