• Masjid Ini Konon Dibangun Jin dalam 1 Malam ? Benarkah ?


    Wisatawan yang mengunjungi pondok pesantren di kawasan Kabupaten Malang, Jawa Timur, pasti terkagum ketika menyaksikan Masjid Tiban. Selain berukuran cukup besar dan mengusung arsitektur unik, konon masjid ini kabarnya dibangun oleh tentara jin dalam 1 malam. Percayakah Anda ?

    Masjid Tiban yang berada didalam komplek Pondok Pesantren Biharu Bahri'asali Fadlaailir Rahmah di wilayah Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur ini dinamakan 'Tiban' karena konon katanya masjid ini 'tiba-tiba ada'.

    Pada tahun 2008, masjid ini sempat mendapat perhatian di kalangan warga dan wisatawan. Kabar yang beredar saat itu, Masjid Tiban dibuat oleh tentara jin hanya dalam 1 malam. Akan tetapi hal tersebut nampaknya tidak terbukti, ternyata para santri dan jamaah-lah yang membangun masjid ini sedikit demi sedikit.

    Masjid Tiban ini mulai dibangun tahun 1991, dan hingga saat ini belum bisa dikatakan selesai pembangunannya. Tidak tanggung-tanggung, masjid tiban ini mempunyai 9 lantai lengkap dengan toko suvenir, toko makanan ringan, serta area satwa.

    Meski mengusung gaya arsitektur yang nyentrik layaknya bangunan Timur Tengah, namun tak ada arsitek yang merancang Masjid Tiban ini. Adalah sang pemilik pondok pesantren, KH Achmad Bahru Mafdloludin Sholeh yang mendapat petunjuk membangun masjid ini lewat salat istikharah.

    Pesantren itu sendiri sudah ada semenjak tahun 1963. Masjid Tiban dibangun sedikit demi sedikit, serta mengusung konsep ramah lingkungan. Bahkan, terdapat salah satu bagian masjid yang sengaja didesain menghindari pohon kelapa. Hal itu agar pohon kelapa yang tumbuh di area masjid tiban tidak ditebang.

    Wisatawan yang tertarik bisa memasuki Masjid Tiban secara gratis, tanpa harus membayar tiket masuk apa pun. Anda bisa menjelajahi 9 lantai masjid ini dengan menggunakan lift maupun tangga.

    Anda juga bisa menyaksikan aneka satwa seperti kera, burung cendrawasih, kakatua, rusa, dan satwa lain di area khusus. Yang paling utama, Anda bisa menikmati arsitektur dan ornamen nyentrik khas bangunan Timur Tengah pada bangunan ini. Kaligrafi juga terpahat di banyak tempat!

    Meski kabar yang beredar kalau Masjid Tiban dibangun tentara jin, nyatanya masjid ini asli dibuat oleh para santri. Tapi, tak sedikit wisatawan yang penasaran dan akhirnya datang sendiri ke masjid ini. Apakah Anda salah satunya?
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Tinggalkan Komentar Anda Pada Formulir dibawah ini !